Tugas Aplikasi Komputer
Nama Dosen : Elizabeth, S.Kom, MM
Nama Anggota : 201550294 Arvinia Linardy
201550293 Denny Setiawan
201550280 Felicia
201550296 Juliani Chandra
201550264 Theadocia
201550299 Thelesia
Perusahaan Komputasi
Melibatkan
penggunaan komputer dalam jaringan, seperti LAN dan WAN, atau serangkaian
jaringan yang saling berhubungan yang mencakup berbagai sistem operasi yang
berbeda, protokol, dan arsitektur jaringan.
Jenis
perusahaan meliputi:
1) Retail/Toko Pengecer
Kegiatan
jual beli baik barang maupun jasa secara langsung kepada konsumen.
Contoh:
toko buku, toko kue, toko sepatu, toko kelontong.
2) Manufacturing
Suatu
industri/usaha yang memproses bahan mentah menjadi bahan jadi yang dapat di
manfaatkan masyarakan dan konsumen.
contoh:
perusahan tekstil, garmen, otomotif.
3) Service/Jasa
Suatu
tindakan yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain.
Contoh:
transportasi, keungan, property.
4) Wholesale/Grosir
Perusahaan
yang menjual barang dengan jumlah banyak ke pada perusahaan lain.
5) Goverment
Contoh:
PT.KAI, PT Garuda Indonesia, PT Pos Indonesia.
6) Educational/Pendidikan
Suatu badan
yang mengelola dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosial, agama dan budaya
dalam hal pendidikan intelektual serta keahlian/keterampilan.
7)
Transportasi
Perusahan yang bergerak dalam
bidang transportasi seperti pesawat, kapal, kereta.
Perusahaan yang diatur
secara hirarki brarti perusahaan memiliki jenjang atau urutan kepemimpinan
dalam perusahaan tersebut karena Suatu perusahaan tidak dapat berjalan
tanpa adanya jajaran eksekutif.
Eksekutif adalah orang-orang
yang duduk di jajaran direksi dan mengatur arah dan jalannya perusahaan.
Orang-orang di dalamnya mempunyai pangkat yang berbeda-beda pula.
Dari jajaran teratas biasa kita sebut
sebagai CEO, lalu dibantu oleh jajaran di bawahnya termasuk CMO,COO, CFO,
dan CTO.
- CEO ( Chief Executive Officer ) : seseorang yang dipercaya untuk memimpin jajaran direksi suatu
perusahaan. Peran CEO sangat penting karena seorang pimpinan yang
bertanggung jawab atas kegagalan atau kesuksesan sebuah perusahaan.
- CMO (Credit Marketing Officer) : Wakil Direktur untuk menangani suatu pemasaran, beberapa perusahaan juga sering
menyebutnya sebagai Direktur Marketing
- COO (Chief Operating Officer ) : biasanya berperan dalam memimpin divisi operasional internal
perusahaan . Peran COO dalam perusahaan sangat besar karena perannya
memimpin operasional perusahaan sehingga perusahaan dapat berjalan dengan
baik dan lancar.
Dalam suatu
perusahaan, pengguna biasanya jatuh ke dalam salah satu dari empat kategori:
1.
Executive Management
Memiliki tugas berbeda di
setiap divisinya dan bertanggung jawab langsung kepada pimpinan perusahaan.
2.
Middle
Executive
Sebagai penyalur tugas yang diberikan executive
kepada bagian operasional.
3.
Operasional
Management
Penanggung jawab pelaksanaan tugas perusahaan.
nonmanagement employees, sebagai pelaksana tugas yang di berikan oleh atasan.
4.
Non Management
Employees
Informasi perusahaan
adalah
informasi yang dikumpulkan dalam operasi yang sedang berlangsung dari sebuah
organisasi perusahaan berukuran besar
1.
Intelijen Bisnis
Termasuk beberapa jenis aplikasi dan teknologi
untuk memperoleh, menyimpan, menganalisis, dan menyediakan akses informasi
untuk membantu pengguna membuat keputusan bisnis yang lebih sehat.
2.
Manajemen Proses Bisnis
Mencakup serangkaian kegiatan yang perusahaan
lakukan untuk mengoptimalkan proses bisnis mereka, seperti akuntansi dan
keuangan, mempekerjakan karyawan, dan pembelian barang dan jasa.
3.
Otomatisasi Proses Bisnis
Menyediakan agar mudah bertukar informasi antar
aplikasi bisnis, mengurangi kebutuhan untuk intervensi manusia dalam proses,
dan menggunakan perangkat lunak untuk mengotomatisasi proses sedapat mungkin.
Sistem
Informasi
adalah sekumpulan hardware, software, data,
orang, dan prosedur yang bekerja sama untuk menghasilkan informasi
Unit fungsional dalam suatu perusahaan mencakup:
1. Akuntansi dan Keuangan
Software Akuntansi mengelola
transaksi sehari-hari
Software Pembayaran membantu
perusahaan menyelesaikan pembelian dengan pembayaran pelanggan ( costumer
payment )
Software Keuangan membantu
manajer dalam anggaran, perkiraan, dan menganalisis
Sistem akuntansi dan keuangan menjalankan
tugas-tugas yang berbeda, tetapi menghasilkan informasi berupa laporan keuangan
yang membantu manajemen dalam mengambil keputusan.
Contoh : Microsoft Dynamics GP, Oracle
Financial
2. Sumber Daya Manusia
mengelola satu atau beberapa
fungsi sumber daya manusia
Employee relationship management
systems ( sistem manajemen hubungan karyawan ) mengelola komunikasi antara
karyawan dan perusahaan
Contoh : Capital Management,
Lawson Human Capital Management
3. Rekayasa atau Pengembangan Produk
Computer-Aided Design (CAD) menggunakan komputer dan
software khusus untuk membantu dalam rekayasa, penyusunan, dan desain
Computer-Aided Engineering (CAE) menggunakan komputer untuk
menguji desain produk
Contoh : AutoCAD, Microstation,
Product Vision
4. Manufaktur
Computer-aided manufaktur (CAM) adalah penggunaan komputer untuk
mengontrol peralatan produksi
Computer-integrated
manufacturing (CIM) menggunakan
komputer untuk mengintegrasikan banyak operasi yang berbeda dari proses manufaktur
Ø Manufacturing Resource Planning (MRP) menggunakan software untuk membantu
memantau dan mengendalikan proses yang berkaitan dengan produksi
Ø Manufacturing Resource Planning II (MRP
II) merupakan perluasan dari MRP dan juga
termasuk software yang membantu dalam penjadwalan
Contoh : Horizon Software-MRP
Plus, Plexus Online
5. Pengendalian Mutu
Sebuah sistem pengendalian mutu
membantu sebuah organisasi mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk
atau jasa
6. Pemasaran
Sistem informasi pemasaran berfungsi
sebagai tempat penyimpanan pusat untuk tugas-tugas dari departemen pemasaran
Contoh : Oracle Marketing,
Marketing Pilot
7. Penjualan
Sales Force Automation (SFA) software melengkapi perjalanan penjual
dengan alat-alat elektronik yang mereka butuhkan untuk menjadi lebih produktif .
SFA
membantu para penjual mengelola kontak-kontak pelanggan, menjadwalkan pertemuan
dengan pelanggan, mencatan interaksi pelanggan, mengelola informasi produk
serta menerima pesanan dari pelanggan.
Manfaat
menggunakan software SFA:
1.
Meningkatkan
jumlah penjualan
2.
Meningkatkan
real time visibility
3.
Meningkatkan
hubungan dan loyalitas dari customer
8. Distribusi
Distribution systems menampilkan
fungsi-fungsi berikut :
ü Menyediakan peramalan untuk
pengendalian persediaan
ü Mengelola dan
melacak pengiriman produk
ü Menyediakan
informasi dan analisis mengenai persediaan di gudang
Sistem distribusi berusaha untuk
memkasimalkan nilai dari masing-masing pengiriman yang dilakukan oleh
perusahaan selain itu juga menjaga pengeluaran seminimal mungkn.
Customer interaction management
(CIM) mengelola interaksi dengan
pelanggan dari hari ke hari, seperti panggilan telepon, interaksi e-mail,
interaksi web, dan pesan instan. Interaksi-interaksi ini tercatat sehingga
suatu riwayat interaksi dengan pelanggan dapat dilihat atau di analisis kapan saja.
9. Teknologi Informasi
Departemen Teknologi Informasi (IT) membuat
keputusan teknologi untuk perusahaan
Ø Misalnya keputusan untuk
membangun atau membeli sistem informasi baru
Ø Ketika komputer atau sistem
informasi telah dipakai lebih lama dari masa pakainya
Departemen teknologi informasi
menggunakan perangkat lunak untuk merawat perangkat keras dan perangkat lunak
perusahaan. Sebagai contoh ,program
manajemen situs web mengumpulkan data yang dirancang untuk membantu
organisasi membuat keputusan mengenai kehadiran web mereka . Data ini mencakup
lokasi dari pengunjung situs web mereka, situs web mana yang mereka kunjungi
serta kata kunci apa yang mereka masukkan untuk mendapatkan web tersebut.
Tujuan umum sistem
informasi umumnya masuk ke dalam salah satu dari lima kategori :
1. Sistem Informasi perkantoran (office information system)
adalah
sistem informasi yang memungkinkan para karyawan untuk menjalankan tugas dengan
menggunakan komputer & peralatan elektronik lainnya.
Contoh :
sebuah sekolah dapat menampilkan jadawal kelas-kelas di internet, pada saat
sekolah tersebut memperbarui jadwalnya, para siswa akan menerima e-mail
pemberitahuan.
2. Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction
Processing System)
adalah sistem informasi
yang mengambil & memperoleh data dari aktivitas bisnis sehari-hari. Tujuan
dari Transaction Processing System ini adalah untuk memroses lebih cepat,
mengurangi biaya administratif & meningkatkan pelayanan pelanggan.
Contoh :
1.
Mencatat sebuah transaksi seperti pemesanan tiket pesawat, sebuah pesanan
pelanggan, dan kartu absen karyawan atau pembayaran angsuran kendaraan.
2.
Menginformasi sebuah tindakan atau tanggapan, seperti mengirimkan rencana
perjalanan, mengirimkan ucapan terima kasih kepada pelanggan, mencetak slip
gaji karyawan, atau menerbitkan bukti pembayaran bagi oemilik kendaraan.
3.
Memelihara data, termasuk menambahkan data baru, memodifikasi data yang telah
ada, atau menghapus data yang tidak diinginkan.
3. Sistem Informasi Manajemen (Management
Information System)
adalah sistem informasi
yang menghasilkan informasi akurat, tepat waktu dan teratur, agar para manajer
& pengguna lainnya dapat mengambil keputusan, menyelesaikan masalah,
mengawasi aktivitas & melacak kemajuan.
Sistem informasi
Manajemen yang menghasilkan aktivitas penjualan harian, meringkaskan aktivitas
penjualan mingguan&bulanan, membuat daftar pelanggan dengan saldo rekening
yang telah melebihi tanggal jatuh tempo serta menyoroti barang-barang yang
perlu dipesan ulang.
Sistem Informasi
Manajemen menciptakan tiga jenis laporan dasar :
1.
Laporan terinci : hanya mendaftarkan
transaksi-transaksi. Contoh, suatu Laporan Rincian Penerbangan mendaftarkan
jumlah penumpang yang telah memesan suatu penerbangan.
2.
Laporan rangkuman : menggabungkan data biasanya dengan
jumlah, tabel, atau grafik sehingga para manajer dapat memeriksanya secara
cepat dan mudah.
3.
Laporan perkecualian : menampikan data di luar kondisi
normal. Sebagai contoh, suatu Laporan Pengecualian Kelompok Pemesanan Utama
memberitahukan departemen pemasaran maskapai penerbangan bahwa sebagian
penerbangan tidak memenuhi sasarn jumlah pemesanan dari anggota Premier
Club-nya.
4.
Sistem Pendukung
Keputusan (decision support system)
membantu para pengguna
menganalisis data dan mengambil keputusan-keputusan.
Sistem pendukung
keputusan menggunakan data dari sumber-sumber internal dan eksternal. Sumber
data internal dapat meliputi pemesanan-pemesanan penjualan,hasil-hasil dari MRP
dan MRP II,catatn persediaan barang,atau data keuangan dari analisis keuangan
dan akuntansi. Data eksternal dapat meliputi suku bunga, tren populasi, biaya
pembangunan perumahan yang baru,atau harga bahan mentah.
5.
Sistem Ahli Pakar (expert
system)
adalah sistem informasi
yang berisi dengan pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan untuk
konsultasi.
Kelebihan menggunakan expert system
:
Ø Dapat melakukan proses secara berulang
secara otomatis
Ø Menyimpan pengetahuan dan keahlian para
pakar
Ø Meningkatkan output & produktivitas
Ø Meningkatkan kualitas
Ø Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan
infromasi yang tidak lengkap &menganduk ketidakpastian.
Batch Processing VS Online Transaction Processing
Batch processing adalah suatu model pengolahan
data dengan menghimpun data terlebih dahulu dan diatur pengelompokkan datanya
dalam kelompok-kelompok yang disebut batch.
Online processing adalah sebuah sistem yang
mengaktifkan semua periferal sebagai pemasok data dalam kendali komputer induk
Perbedaan nya :
1.
Pada batch processing, data yang dimasukkan akan
dihimpun dahulu menjadi 1 kelompok atau batch baru kemudian akan dimasukkan ke
database untuk mengupdate master files edangkan pada online processing, data
yang dimasukkan atau diinput akan langsung dimasukkan ke dalam database untuk
mengupadate master file pada saat itu juga.
2.
Pada batch processing, data yang dikelompokkan
tersebut akan dicek ulang dan disortir sebelum dikirim ke database sehingga
jika terdapat data yang tidak valid, data akan dimasukkan ke dalam error
report. Pada online processing, hal ini tidak terjadi sehingga ada kemungkinan
terdapat data yang tidak valid yang masuk ke database.Pada online processing,
waktu yang dibutuhkan untuk mengupdate database relatif lebih cepat daripada
batch processing.
3. Proses yang memakai batch processing biasanya ditujukan untuk aplikasi yang
memiliki jumlah transaksi yang besar, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan
pendahuluan, sebelum data-data tadi diolah Online processing lebih ditunjukan
untuk pengolahan data yang memerlukan suatu tingkat transaksi dengan kecepatan
tinggi, karena kebutuhan informasi yang harus segera diperoleh pada saat yang
sama.
Sistem
Informasi Terintegrasi
1.
Customer
Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan)
Sistem
yang mengelola informasi tentang pelanggan, pembelian-pembelian sebelumnya, dan
berbagai interaksi dengan pelanggan, pembelian masa lalu dan berbagai minat.
Pada
era saat ini, implementasi CRM selalu akan menggunakan teknologi
informasi untuk menarik pelanggan baru yang bertujuan untuk menjalin hubungan
jangka panjang dengan pelanggan serta profitabilitas.
2. Enterprise Resource Planning
(Perencanaan Sumber Daya Perusahaan)
menyediakan secara terpusat, software yang terintegrasi untuk membantu
mengelola dan mengkoordinasikan kegiatan yang sedang berlangsung. ERP
berbentuk software yang mengendalikan seluruh departemen dan kegiatan
perusahaan ke dalam sebuah sistem komputer. Dalam kata lain ERP dapat memenuhi
kebutuhan perusahaan dan semua divisi dalam perusahaan. Tujuan ERP sendiri
adalah mempermudah semua departemen perusahaan untuk dapat berkomunikasi dan
bertukar informasi.
3. Content Management Systems
adalah sistem informasi yang menggabungkan database, software(perangkat lunak), dan prosedur yang
mengatur dan memungkinkan akses pada beragam bentuk dokumen dan file lainnya,
termasuk gambar-gambar dan multimedia. Kemudian konten tersebut disimpan untuk
diakses dikemudian hari. Selanjutnya paara pengguna diberikan akses untuk
menempatkan konten pada system melalui aplikasi lain, seperti pada portal
perusahaan. Software portal perusahaan mengumpulkan informasi dari CMS
Enterprise-Wide
Technologies and Methodologies (Teknologi
dan Metodologi untuk perusahaan besar)
1.
Portal
Kumpulan link, konten, dan layanan yang
disajikan pada halaman Web yang menarik yang berfungsi untuk melakukan
pekerjaan tertentu. 2 macam portal yaitu:
·
Portal Horizontal : portal yang menyediakan berbagai informasi dan layanan umum
yang dibutuhkan oleh pengunjung portal. Contoh : detik.com
·
Portal Vertikal : portal yang menyediakan informasi dan layanan khusus pada
satu bidang tertentu, seperti portal agrisbisnis dan portal komunitas.
Contoh : kaskus.com
Contoh
portal perusahaan : Oracle
2. Data warehouse
Database besar yang menyimpan dan mengelola data yang dibutuhkan untuk
menganalisa historis transaksi dan arus
transaksi.
3.
EDI (Electronic Data Interchange)
Serangkaian
standar yang mengendalikan dan mengirim data bisnis dan informasi antarkomputer
baik di dalam maupun antarperusahaan.
4.
Extranet
Bagian dari jaringan perusahaan yang memungkinkan pelanggan atau pemasok
dari perusahaan untuk mengakses bagian dari
intranet suatu perusahaan. Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk ekstranet
adalah lotus notes.
5.
Web
services
memungkinkan perusahaan untuk menciptakan produk dan interaksi B2B(Business to Business) melalui Internet. Contoh
sistus web perjalanan adalah traveloka.com, wego.com, pegipegi.com
6.
Document Management Systems (DMS)
Dalam layanan berorientasikan arisitektur, sistem informasi menyediakan
pelayanan terhadap sistem informasi lainnya dengan baik melalui jaringan Document Management Systems (DMS) yang memungkinkan untuk menyimpan dan mengelola
dokumen perusahaan, seperti dokumen pengolah dunia, presentasi, dan
spreadsheet.
Manfaat dari DMS:
-
Meningkatkan
produktivitas proses bisnis
-
Meningkatnya
response time proses bisnis
-
Mengurangi
total biaya dokumen dan meningkatkan efisiensi ruang penyimpanan
-
Menurunkan
biaya tambahan
-
Mengurangi
resiko kehilangan ataupun kerusakan dokumen
-
Document
sharing
7. Workflow
Adalah proses didefinisikan yang
mengidentifikasi set spesifik langkah-langkah yang terlibat dalam menyelesaikan
suatu proyek atau proses bisnis tertentu.
8. Virtual Private Network (VPN)
Menyediakan mereka dengan koneksi yang aman
ke server jaringan perusahaan, seolah-olah mereka memiliki jalur pribadi.
Disebut virtual network karena menggunakan
jaringan internet sebagai media perantaranya dan disebut private network karena
hanya orang tertentu saja yang dapat mengakses VPN.
Virtualization
And Cloud Computing
Teknologi ini menyediakan manajemen
terpusat atau outsourcing infrastruktur sistem informasi, seperti server,
keamanan, dan jaringan. bagian berikut menjelaskan virtulization, cloud computing
dan grid computing.
Virtualization
Adalah praktek
berbagi atau penyatuan sumber daya komputasi seperti server dan perangkat
penyimpanan.
Manfaat dari Virtualization:
-
Irit ruang
-
Mengurangi biaya operasional
-
Mengurangi coast investment
-
Go green
Terdapat dua macam Virtualization, yaitu:
1.
Server Virtualization menyediakan kemampuan untuk membagi sebuah server
fisik logis ke banyak server virtual.
2.
Storage
Virtualization menyediakan kemampuan untuk membuat perangkat penyimpanan logis tunggal
dari banyak perangkat penyimpanan fisik.
Cloud and Grid Computing
Cloud Computing
Adalah
layanan internet yang menyediakan kebutuhan komputasi pengguna bagi
pengguna komputer.
Contoh: iCloud, Gmail, Yahoo Mail.
Grid Computing
Menggabungkan banyak server atau komputer
pribadi di jaringan, seperti internet, untuk bertindak sebagai salah satu
komputer besar.
E-Commerce
Perusahaan Perusahaan menggunakan web untuk
memberikan layanan kepada konsumen dan bisnis lainnya. Public relations, iklan
online, direct mail, merekrut, kredit, penjualan, riset pasar, dukungan teknis,
pelatihan, konsultasi software dan akses internet merupakan beberapa bidang
pelayanan.
Enterprise
Hardware
Memungkinkan
organisasi besar untuk mengelola dan menyimpan informasi dan data menggunakan
perangkat ditujukan untuk penggunaan berat, ketersediaan maksimum, dan
efisiensi maksimum.
Redundant Array of
Independent Disks (RAID)
Beberapa produsen
menyediakan jenis sistem hard disk yang menghubungkan beberapa disk yang lebih
kecil menjadi satu kesatuan yang bertindak seperti hard disk tunggal yang
besar. Meskipun cukup mahal untuk komputer besar, RAID lebih dapat diandalkan
daripada hard disk tradisional.
Network Attached Storage And Storage Area Networks
Network
Attached Storage
Adalah sebuah server yang menyediakan
penyimpanan kepada pengguna-pengguna dan sistem informasi yang terhubung ke
jaringan.
Storage Area
Networks
Adalah jaringan berkecepatan tinggi yang
menyediakan penyimpanan ke server lain terhubung dengannya.
Enterprise Storage Systems
Adalah
strategi yang berfokus pada ketersediaan, perlindungan, organisasi, dan backup
penyimpanan dalam sebuah perusahaan. Tujuan dari Enterprise Storage System
adalah untuk memperkuat penyimpanan.
Sebuah
server blade bungkus server computer yang lengkap pada kartu tunggal ( disebut
pisau )
Thin Client
komputer
terminal kecil yang sebagian besar bergantung pada server untuk penyimpanan
data dan pengolahan thin client biasa digunakan pada server
Ketersediaan
tinggi,skalabilitas,dan interoperabilitas, system ketersediaan tinggi terus
berjalan dan melakukan tugas tugas untuk setidaknya 99 persen dari waktu
Skalabilitas
adalah ukuran
dari seberapa baik perangkat keras computer,perangkat lunak,atau system
informasi dapat tumbuh untuk memenuhi tuntutan peningkatan kinerja
Interoperabilitas
adalah
kemampuan untuk system informasi untuk berbagi informasi untuk berbagi
informasi dengan system informasi lain dalam suatu perusahaan
Prosedur Back-Up
Perlindungan
data kontinyu memberikan backup data otomatis setiap kali data berubah dalam
suatu perusahaan
Sebuah
rencana pemulihan bencana adalah rencana tertulis yang menggambarkan
langkah-langkah perusahaan untuk menyimpan kembali operasi komputer walaupun
dalam bencana/kerusakan.
Ada 4 yaitu :
-
Emergency
Plan
-
Back
up plan
-
Recovery
plan
-
Test
plan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar