Rabu, 25 November 2015

Tugas Aplikasi Komputer
Nama Dosen      : Elizabeth, S.Kom, MM





Nama Anggota   : 201550294 Arvinia Linardy
                          201550293 Denny Setiawan
                          201550280 Felicia
                          201550296 Juliani Chandra
                          201550264 Theadocia
                          201550299 Thelesia                      


Perusahaan Komputasi
Melibatkan penggunaan komputer dalam jaringan, seperti LAN dan WAN, atau serangkaian jaringan yang saling berhubungan yang mencakup berbagai sistem operasi yang berbeda, protokol, dan arsitektur jaringan.

Jenis perusahaan meliputi:
1)  Retail/Toko Pengecer
Kegiatan jual beli baik barang maupun jasa secara langsung kepada konsumen.
Contoh: toko buku, toko kue, toko sepatu, toko kelontong.

2)  Manufacturing
Suatu industri/usaha yang memproses bahan mentah menjadi bahan jadi yang dapat di manfaatkan masyarakan dan konsumen.
contoh: perusahan tekstil, garmen, otomotif.

3)  Service/Jasa
Suatu tindakan yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain.
Contoh: transportasi, keungan, property.

4)  Wholesale/Grosir
Perusahaan yang menjual barang dengan jumlah banyak ke pada perusahaan lain.

5)  Goverment
Badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh Pemerintah.
Contoh: PT.KAI, PT Garuda Indonesia, PT Pos Indonesia.

6)  Educational/Pendidikan
Suatu badan yang mengelola dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosial, agama dan budaya dalam hal pendidikan intelektual serta keahlian/keterampilan.

7)  Transportasi
Perusahan yang bergerak dalam bidang transportasi seperti pesawat, kapal, kereta.

Perusahaan yang diatur secara hirarki brarti perusahaan memiliki jenjang atau urutan kepemimpinan dalam perusahaan tersebut karena Suatu perusahaan tidak dapat berjalan tanpa adanya jajaran eksekutif.

Eksekutif adalah orang-orang yang duduk di jajaran direksi dan mengatur arah dan jalannya perusahaan. Orang-orang di dalamnya mempunyai pangkat yang berbeda-beda pula.

Dari jajaran teratas biasa kita sebut sebagai CEO, lalu dibantu oleh jajaran di bawahnya termasuk CMO,COO, CFO, dan CTO. 
  1. CEO ( Chief Executive Officer )       : seseorang yang dipercaya untuk memimpin jajaran direksi suatu perusahaan. Peran CEO sangat penting karena seorang pimpinan yang bertanggung jawab atas kegagalan atau kesuksesan sebuah perusahaan.
  2. CMO (Credit Marketing Officer)      Wakil Direktur untuk menangani suatu pemasaran, beberapa perusahaan juga sering menyebutnya sebagai Direktur Marketing
  3. COO (Chief Operating Officer )     : biasanya berperan dalam memimpin divisi operasional internal perusahaan . Peran COO dalam perusahaan sangat besar karena perannya memimpin operasional perusahaan sehingga perusahaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam suatu perusahaan, pengguna biasanya jatuh ke dalam salah satu dari empat kategori:

1. Executive Management
Memiliki tugas berbeda di setiap divisinya dan bertanggung jawab langsung kepada pimpinan perusahaan.
2. Middle Executive
Sebagai penyalur tugas yang diberikan executive kepada bagian operasional.
3. Operasional Management
Penanggung jawab pelaksanaan tugas perusahaan. nonmanagement employees, sebagai pelaksana tugas yang di berikan oleh atasan.
4. Non Management Employees

Informasi perusahaan
adalah informasi yang dikumpulkan dalam operasi yang sedang berlangsung dari sebuah organisasi perusahaan berukuran besar

1. Intelijen Bisnis
Termasuk beberapa jenis aplikasi dan teknologi untuk memperoleh, menyimpan, menganalisis, dan menyediakan akses informasi untuk membantu pengguna membuat keputusan bisnis yang lebih sehat.

2. Manajemen Proses Bisnis
Mencakup serangkaian kegiatan yang perusahaan lakukan untuk mengoptimalkan proses bisnis mereka, seperti akuntansi dan keuangan, mempekerjakan karyawan, dan pembelian barang dan jasa.

3. Otomatisasi Proses Bisnis
Menyediakan agar mudah bertukar informasi antar aplikasi bisnis, mengurangi kebutuhan untuk intervensi manusia dalam proses, dan menggunakan perangkat lunak untuk mengotomatisasi proses sedapat mungkin.

Sistem Informasi
adalah sekumpulan hardware, software, data, orang, dan prosedur yang bekerja sama untuk menghasilkan informasi

Unit fungsional dalam suatu perusahaan mencakup:

1. Akuntansi dan Keuangan
ž  Software Akuntansi mengelola transaksi sehari-hari
ž  Software Pembayaran membantu perusahaan menyelesaikan pembelian dengan pembayaran pelanggan ( costumer payment )
ž  Software Keuangan membantu manajer dalam anggaran, perkiraan, dan menganalisis

Sistem akuntansi dan keuangan menjalankan tugas-tugas yang berbeda, tetapi menghasilkan informasi berupa laporan keuangan yang membantu manajemen dalam mengambil keputusan.
Contoh : Microsoft Dynamics GP, Oracle Financial

2. Sumber Daya Manusia
ž  mengelola satu atau beberapa fungsi sumber daya manusia
ž  Employee relationship management systems ( sistem manajemen hubungan karyawan ) mengelola komunikasi antara karyawan dan perusahaan
Contoh : Capital Management, Lawson Human Capital Management

3. Rekayasa atau Pengembangan Produk
ž  Computer-Aided Design (CAD) menggunakan komputer dan software khusus untuk membantu dalam rekayasa, penyusunan, dan desain
ž  Computer-Aided Engineering (CAE) menggunakan komputer untuk menguji desain produk
Contoh : AutoCAD, Microstation, Product Vision

4. Manufaktur
ž  Computer-aided manufaktur (CAM) adalah penggunaan komputer untuk mengontrol peralatan produksi
ž  Computer-integrated manufacturing (CIM) menggunakan komputer untuk mengintegrasikan banyak operasi yang berbeda dari proses manufaktur
Ø  Manufacturing Resource Planning (MRP) menggunakan software untuk membantu memantau dan mengendalikan proses yang berkaitan dengan produksi
Ø  Manufacturing Resource Planning II (MRP II) merupakan perluasan dari MRP dan juga termasuk software yang membantu dalam penjadwalan
Contoh : Horizon Software-MRP Plus, Plexus Online

5. Pengendalian Mutu
Sebuah sistem pengendalian mutu membantu sebuah organisasi mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk atau jasa

6. Pemasaran
Sistem informasi pemasaran berfungsi sebagai tempat penyimpanan pusat untuk tugas-tugas dari departemen pemasaran
Contoh : Oracle Marketing, Marketing Pilot

7. Penjualan
ž  Sales Force Automation (SFA) software melengkapi perjalanan penjual dengan alat-alat elektronik yang mereka butuhkan untuk menjadi lebih produktif .
SFA membantu para penjual mengelola kontak-kontak pelanggan, menjadwalkan pertemuan dengan pelanggan, mencatan interaksi pelanggan, mengelola informasi produk serta menerima pesanan dari pelanggan.

Manfaat menggunakan software SFA:
1.     Meningkatkan jumlah penjualan
2.    Meningkatkan real time visibility
3.    Meningkatkan hubungan dan loyalitas dari customer

8. Distribusi
ž  Distribution systems menampilkan fungsi-fungsi berikut :
ü  Menyediakan peramalan untuk pengendalian persediaan
ü  Mengelola dan melacak pengiriman produk
ü  Menyediakan informasi dan analisis mengenai persediaan di gudang
Sistem distribusi berusaha untuk memkasimalkan nilai dari masing-masing pengiriman yang dilakukan oleh perusahaan selain itu juga menjaga pengeluaran seminimal mungkn.

ž  Customer interaction management (CIM) mengelola interaksi dengan pelanggan dari hari ke hari, seperti panggilan telepon, interaksi e-mail, interaksi web, dan pesan instan. Interaksi-interaksi ini tercatat sehingga suatu riwayat interaksi dengan pelanggan dapat dilihat atau di analisis kapan saja.

9. Teknologi Informasi
ž   Departemen Teknologi Informasi (IT) membuat keputusan teknologi untuk perusahaan
Ø  Misalnya keputusan untuk membangun atau membeli sistem informasi baru
Ø  Ketika komputer atau sistem informasi telah dipakai lebih lama dari masa pakainya
ž  Departemen teknologi informasi menggunakan perangkat lunak untuk merawat perangkat keras dan perangkat lunak perusahaan. Sebagai contoh ,program manajemen situs web mengumpulkan data yang dirancang untuk membantu organisasi membuat keputusan mengenai kehadiran web mereka . Data ini mencakup lokasi dari pengunjung situs web mereka, situs web mana yang mereka kunjungi serta kata kunci apa yang mereka masukkan untuk mendapatkan web tersebut.

Tujuan umum sistem informasi umumnya masuk ke dalam salah satu dari lima kategori :
1. Sistem Informasi perkantoran (office information system)  
adalah sistem informasi yang memungkinkan para karyawan untuk menjalankan tugas dengan menggunakan komputer & peralatan elektronik lainnya.
Contoh : sebuah sekolah dapat menampilkan jadawal kelas-kelas di internet, pada saat sekolah tersebut memperbarui jadwalnya, para siswa akan menerima e-mail pemberitahuan.
2. Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing System)
adalah sistem informasi yang mengambil & memperoleh data dari aktivitas bisnis sehari-hari. Tujuan dari Transaction Processing System ini adalah untuk memroses lebih cepat, mengurangi biaya administratif & meningkatkan pelayanan pelanggan.
Contoh : 
1. Mencatat sebuah transaksi seperti pemesanan tiket pesawat, sebuah pesanan pelanggan, dan kartu absen karyawan atau pembayaran angsuran kendaraan.
2. Menginformasi sebuah tindakan atau tanggapan, seperti mengirimkan rencana perjalanan, mengirimkan ucapan terima kasih kepada pelanggan, mencetak slip gaji karyawan, atau menerbitkan bukti pembayaran bagi oemilik kendaraan.
3. Memelihara data, termasuk menambahkan data baru, memodifikasi data yang telah ada, atau menghapus data yang tidak diinginkan.

3. Sistem Informasi Manajemen (Management Information System)
adalah sistem informasi yang menghasilkan informasi akurat, tepat waktu dan teratur, agar para manajer & pengguna lainnya dapat mengambil keputusan, menyelesaikan masalah, mengawasi aktivitas & melacak kemajuan.
Sistem informasi Manajemen yang menghasilkan aktivitas penjualan harian, meringkaskan aktivitas penjualan mingguan&bulanan, membuat daftar pelanggan dengan saldo rekening yang telah melebihi tanggal jatuh tempo serta menyoroti barang-barang yang perlu dipesan ulang.

Sistem Informasi Manajemen menciptakan tiga jenis laporan dasar :
1.     Laporan terinci : hanya mendaftarkan transaksi-transaksi. Contoh, suatu Laporan Rincian Penerbangan mendaftarkan jumlah penumpang yang telah memesan suatu penerbangan.
2.    Laporan rangkuman : menggabungkan data biasanya dengan jumlah, tabel, atau grafik sehingga para manajer dapat memeriksanya secara cepat dan mudah.
3.    Laporan perkecualian : menampikan data di luar kondisi normal. Sebagai contoh, suatu Laporan Pengecualian Kelompok Pemesanan Utama memberitahukan departemen pemasaran maskapai penerbangan bahwa sebagian penerbangan tidak memenuhi sasarn jumlah pemesanan dari anggota Premier Club-nya.
4. Sistem Pendukung Keputusan (decision support system)
membantu para pengguna menganalisis data dan mengambil keputusan-keputusan.
Sistem pendukung keputusan menggunakan data dari sumber-sumber internal dan eksternal. Sumber data internal dapat meliputi pemesanan-pemesanan penjualan,hasil-hasil dari MRP dan MRP II,catatn persediaan barang,atau data keuangan dari analisis keuangan dan akuntansi. Data eksternal dapat meliputi suku bunga, tren populasi, biaya pembangunan perumahan yang baru,atau harga bahan mentah.

5. Sistem Ahli Pakar (expert system)
adalah sistem informasi yang berisi dengan pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan untuk konsultasi.
Kelebihan menggunakan expert system : 
Ø  Dapat melakukan proses secara berulang secara otomatis
Ø  Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar
Ø  Meningkatkan output & produktivitas
Ø  Meningkatkan kualitas
Ø  Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan infromasi yang tidak lengkap &menganduk ketidakpastian.

Batch Processing VS Online Transaction Processing

Batch processing adalah suatu model pengolahan data dengan menghimpun data terlebih dahulu dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch.

Online processing adalah sebuah sistem yang mengaktifkan semua periferal sebagai pemasok data dalam kendali komputer induk

Perbedaan nya :
1.     Pada batch processing, data yang dimasukkan akan dihimpun dahulu menjadi 1 kelompok atau batch baru kemudian akan dimasukkan ke database untuk mengupdate master files edangkan pada online processing, data yang dimasukkan atau diinput akan langsung dimasukkan ke dalam database untuk mengupadate master file pada saat itu juga.
2.    Pada batch processing, data yang dikelompokkan tersebut akan dicek ulang dan disortir sebelum dikirim ke database sehingga jika terdapat data yang tidak valid, data akan dimasukkan ke dalam error report. Pada online processing, hal ini tidak terjadi sehingga ada kemungkinan terdapat data yang tidak valid yang masuk ke database.Pada online processing, waktu yang dibutuhkan untuk mengupdate database relatif lebih cepat daripada batch processing.
3.    Proses yang memakai batch processing biasanya ditujukan untuk aplikasi yang memiliki jumlah transaksi yang besar, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan pendahuluan, sebelum data-data tadi diolah Online processing lebih ditunjukan untuk pengolahan data yang memerlukan suatu tingkat transaksi dengan kecepatan tinggi, karena kebutuhan informasi yang harus segera diperoleh pada saat yang sama.

Sistem Informasi Terintegrasi
1. Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan)
Sistem yang mengelola informasi tentang pelanggan, pembelian-pembelian sebelumnya, dan berbagai interaksi dengan pelanggan, pembelian masa lalu dan berbagai minat.
Pada era saat ini, implementasi CRM selalu akan menggunakan teknologi  informasi untuk menarik pelanggan baru yang bertujuan untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan serta profitabilitas.
Contoh penerapan  CRM yaitu perusahaan nestle, dengan website www.sahabatnestle.co.id

2. Enterprise Resource Planning (Perencanaan Sumber Daya Perusahaan)
menyediakan secara terpusat, software  yang terintegrasi untuk membantu mengelola dan mengkoordinasikan kegiatan yang sedang berlangsung. ERP berbentuk software yang mengendalikan seluruh departemen dan kegiatan perusahaan ke dalam sebuah sistem komputer. Dalam kata lain ERP dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dan semua divisi dalam perusahaan. Tujuan ERP sendiri adalah mempermudah semua departemen perusahaan untuk dapat berkomunikasi dan bertukar informasi.

3. Content Management Systems
adalah sistem informasi yang menggabungkan database, software(perangkat lunak), dan prosedur yang mengatur dan memungkinkan akses pada beragam bentuk dokumen dan file lainnya, termasuk gambar-gambar dan multimedia. Kemudian konten tersebut disimpan untuk diakses dikemudian hari. Selanjutnya paara pengguna diberikan akses untuk menempatkan konten pada system melalui aplikasi lain, seperti pada portal perusahaan. Software portal perusahaan mengumpulkan informasi dari CMS

Enterprise-Wide Technologies and Methodologies (Teknologi dan Metodologi untuk perusahaan besar)

1. Portal
Kumpulan link, konten, dan layanan yang disajikan pada halaman Web yang menarik yang berfungsi untuk melakukan pekerjaan tertentu. 2 macam portal yaitu:
·         Portal Horizontal  : portal yang menyediakan berbagai informasi dan layanan umum yang dibutuhkan oleh pengunjung portal. Contoh : detik.com
·         Portal Vertikal    : portal yang menyediakan informasi dan layanan khusus pada satu bidang tertentu, seperti portal agrisbisnis dan portal komunitas.
Contoh : kaskus.com
Contoh portal perusahaan : Oracle

2. Data warehouse
Database besar yang menyimpan dan mengelola data yang dibutuhkan untuk menganalisa historis transaksi dan arus transaksi.

3. EDI (Electronic Data Interchange)
Serangkaian standar yang mengendalikan dan mengirim data bisnis dan informasi antarkomputer baik di dalam maupun antarperusahaan.

4. Extranet
Bagian dari jaringan perusahaan yang memungkinkan pelanggan atau pemasok dari perusahaan untuk mengakses bagian dari intranet suatu perusahaan. Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk ekstranet adalah lotus notes.

5. Web services
memungkinkan perusahaan untuk menciptakan produk dan interaksi B2B(Business to Business) melalui Internet. Contoh sistus web perjalanan adalah traveloka.com, wego.com, pegipegi.com

6. Document Management  Systems (DMS)
Dalam layanan berorientasikan arisitektur, sistem informasi menyediakan pelayanan terhadap sistem informasi lainnya dengan baik melalui jaringan Document Management  Systems (DMS) yang memungkinkan untuk menyimpan dan mengelola dokumen perusahaan, seperti dokumen pengolah dunia, presentasi, dan spreadsheet.

Manfaat dari DMS:
-          Meningkatkan produktivitas proses bisnis
-          Meningkatnya response time proses bisnis
-          Mengurangi total biaya dokumen dan meningkatkan efisiensi ruang penyimpanan
-          Menurunkan biaya tambahan
-          Mengurangi resiko kehilangan ataupun kerusakan dokumen
-          Document sharing

7. Workflow
Adalah proses didefinisikan yang mengidentifikasi set spesifik langkah-langkah yang terlibat dalam menyelesaikan suatu proyek atau proses bisnis tertentu.

8. Virtual Private Network (VPN)
Menyediakan mereka dengan koneksi yang aman ke server jaringan perusahaan, seolah-olah mereka memiliki jalur pribadi.
Disebut virtual network karena menggunakan jaringan internet sebagai media perantaranya dan disebut private network karena hanya orang tertentu saja yang dapat mengakses VPN.

Virtualization And Cloud Computing
Teknologi ini menyediakan manajemen terpusat atau outsourcing infrastruktur sistem informasi, seperti server, keamanan, dan jaringan. bagian berikut menjelaskan virtulization, cloud computing dan grid computing.

Virtualization
Adalah praktek berbagi atau penyatuan sumber daya komputasi seperti server dan perangkat penyimpanan.

Manfaat dari Virtualization:
-          Irit ruang
-          Mengurangi biaya operasional
-          Mengurangi coast investment
-          Go green

Terdapat dua macam Virtualization, yaitu:
1.     Server Virtualization menyediakan kemampuan untuk membagi sebuah server fisik logis ke banyak server virtual.
2.    Storage Virtualization menyediakan kemampuan untuk membuat perangkat penyimpanan logis tunggal dari banyak perangkat penyimpanan fisik.

Cloud and Grid Computing

Cloud Computing
Adalah  layanan internet yang menyediakan kebutuhan komputasi pengguna bagi pengguna komputer.
Contoh: iCloud, Gmail, Yahoo Mail.

Grid Computing
Menggabungkan banyak server atau komputer pribadi di jaringan, seperti internet, untuk bertindak sebagai salah satu komputer besar.


E-Commerce

Perusahaan Perusahaan menggunakan web untuk memberikan layanan kepada konsumen dan bisnis lainnya. Public relations, iklan online, direct mail, merekrut, kredit, penjualan, riset pasar, dukungan teknis, pelatihan, konsultasi software dan akses internet merupakan beberapa bidang pelayanan. 

Enterprise Hardware
Memungkinkan organisasi besar untuk mengelola dan menyimpan informasi dan data menggunakan perangkat ditujukan untuk penggunaan berat, ketersediaan maksimum, dan efisiensi maksimum.

Redundant Array of Independent Disks (RAID)
     Beberapa produsen menyediakan jenis sistem hard disk yang menghubungkan beberapa disk yang lebih kecil menjadi satu kesatuan yang bertindak seperti hard disk tunggal yang besar. Meskipun cukup mahal untuk komputer besar, RAID lebih dapat diandalkan daripada hard disk tradisional.

Network Attached Storage And Storage Area Networks

Network Attached Storage
Adalah sebuah server yang menyediakan penyimpanan kepada pengguna-pengguna dan sistem informasi yang terhubung ke jaringan.

Storage Area Networks
Adalah jaringan berkecepatan tinggi yang menyediakan penyimpanan ke server lain terhubung dengannya.

Enterprise Storage Systems
Adalah strategi yang berfokus pada ketersediaan, perlindungan, organisasi, dan backup penyimpanan dalam sebuah perusahaan. Tujuan dari Enterprise Storage System adalah untuk memperkuat penyimpanan.
Sebuah server blade bungkus server computer yang lengkap pada kartu tunggal ( disebut pisau )

Thin Client
komputer terminal kecil yang sebagian besar bergantung pada server untuk penyimpanan data dan pengolahan thin client biasa digunakan pada server

Ketersediaan tinggi,skalabilitas,dan interoperabilitas, system ketersediaan tinggi terus berjalan dan melakukan tugas tugas untuk setidaknya 99 persen dari waktu

  Skalabilitas adalah ukuran dari seberapa baik perangkat keras computer,perangkat lunak,atau system informasi dapat tumbuh untuk memenuhi tuntutan peningkatan kinerja
  Interoperabilitas adalah kemampuan untuk system informasi untuk berbagi informasi untuk berbagi informasi dengan system informasi lain dalam suatu perusahaan

Prosedur Back-Up

Perlindungan data kontinyu memberikan backup data otomatis setiap kali data berubah dalam suatu perusahaan

Sebuah rencana pemulihan bencana adalah rencana tertulis yang menggambarkan langkah-langkah perusahaan untuk menyimpan kembali operasi komputer walaupun dalam bencana/kerusakan.
Ada 4 yaitu :
-          Emergency Plan
-          Back up plan
-          Recovery plan
-          Test plan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar